Q3 2010, Smartphone Android Capai 20 Juta Unit - iMobile News - Mobile Aplication Download

Q3 2010, Smartphone Android Capai 20 Juta Unit

SAN FRANSISCO - Jumlah pengapalan smartphone telah meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu. Peningkatan ini dipicu oleh semakin maraknya produksi smartphone berbasis Android.

Meski Symbian masih menduduki posisi pertama di pasar sistem operasi ponsel, penjualan Apple iPhone ternyata juga mengalami peningkatan. Setidaknya demikian data yang dipaparkan perusahaan riset Gartner.



"Pada kuartal ketiga ini jumlah smartphone yang terjual mencapai 81 juta unit. Angka ini sama dengan seperlima dari total jumlah ponsel yang terjual kuartal ini di seluruh dunia," menurut riset Gartner, seperti dikutip melalui PC World, Kamis (11/11/2010).

Dipaparkan Gartner, Symbian telah berhasil menjual sekira 29,5 juta unit smartphone pada kuartal ketiga ini, naik ketimbang setahun lalu yang hanya 18,3 juta unit. Sedangkan Android berada di posisi kedua dengan jumlah sekira 20,5 juta unit, atau naik dari sekira 1,4 juta unit setahun lalu.

Dengan jumlah ini, gap antara pasar Symbian dan Android semakin tipis. Pasar smartphone Android naik 25,5 persen kuartal ini dibanding 3,5 persen pada tahun lalu, sedangkan pasar Symbian harus rela turun dari 44,6 persen menjadi 36,6 persen.

Meski Apple telah berhasil menjual sekira 13,5 juta unit iPhone namun pangsa pasarnya tetap saja turun, dari 17,1 persen menjadi hanya 16,7 persen tahun ini. Sistem Operasi iPhone (iOS) menduduki posisi ketiga di pasar OS mobile.

Sedangkan OS Blackberry menyusut ke posisi empat dengan jumlah penjualan sekira 11,9 juta unit. Di posisi akhir, Microsoft Windows Mobile menduduki posisi kelima dengan pangsa pasar 2,8 persen.

"Jumlah unit ponsel yang berhasil dipasarkan, tidak hanya smartphone, mencapai 417 juta unit, atau naik sekira 35 persen," ujar VP Gartner Research, Carolina Milanesi.

Urutan untuk lima vendor ponsel ternama berturut-turut adalah Nokia, Samsung, LG, Apple dan RIM.

0 Response to "Q3 2010, Smartphone Android Capai 20 Juta Unit"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme