Twitter, Alat Ampuh Prediksi Bursa Saham - iMobile News - Mobile Aplication Download

Twitter, Alat Ampuh Prediksi Bursa Saham

Bagi kebanyakan orang, kicauan di Twitter mungkin hanya sekadar menjadi alat untuk menyampaikan pendapat dan mengekspresikan diri.

Namun, para ilmuwan berhasil memanfaatkan Twitter bisa menjadi alat yang cukup andal untuk memprediksi kondisi pasar saham.

Baru-baru ini, peneliti di bidang Computational Social dari Indiana University-Bloomington, Johan Bollen dibantu mahasiswa bernama Huina Mao berhasil menemukan korelasi dari mood orang-orang di Twitter dengan pergerakan saham di Wall Street.

Hasilnya, mereka bisa memprediksi indeks Dow Jones dengan tingkat akurasi yang mendekati 90 persen. "Kami bisa mencapai tingkat akurasi 87,6 persen dalam memprediksi kenaikan dan penurunan harian dari penutupan indeks Dow Jones Industrial Average," kata Johan Bollen dikutip oleh situs Physorg.com.

Bollen dan timnya mengambil sampel 9,7 juta tweet yang diposting oleh 2,7 juta pengguna Twitter antara Maret hingga Desember 2008. Berbekal sebuah tool penjejak mood berbasis open source yang bernama OpenFinder, Bollen memilah-milah tweet menjadi positif dan negatif berdasarkan kata-kata yang terkandung di tweet tersebut.

Kemudian, ia menggunakan tool psikologi standar bernama Profile of Mood States, yakni sebuah kuesioner singkat yang biasanya digunakan pada riset obat-obatan.

Kuesioner itu mencocokkan 72 ajektiva berbeda, misalnya 'bersahabat', 'menjengkelkan', aktif, cemas, atau panik, untuk merespons pengukuran mood ke dalam enam dimensi, yakni kebahagiaan, kebaikan, kesiagaan, kepastian, vitalitas, dan ketenangan.

0 Response to "Twitter, Alat Ampuh Prediksi Bursa Saham"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme